Sejarah Kerajaan Kutai Yang Tertua di Indonesia

Sejarah Kerajaan Kutai Yang Tertua di Indonesia

Sejarah Kerajaan Kutai Yang Tertua di Indonesia – Pastinya anda telah mengetahui bahwa kerajaaan Kutai Kuno termasuk salah satu kerajaan paling lama dan paling tua di Indonesia. Itu pun pendirinya merupakan seorang Raja yang merupakan orang asli Indonesia.

Untuk artikel kali ini kami kan membahas tentang berbagai peninggalan dari kerajan hindu yang berada di lokasi kalimantan timur. Mari kita simak bersama.

Peninggalan Dan Sejarah Kerajaan Kutai Tertua Nusantara  Sejarah Kerajaan Kutai Yang Tertua di Indonesia

  • Prasasti Yupa

Merupakan termasuk peninggalanan paling berharga dari kerajaan Kutai ini. Hal itu juga dengan ditemukannya prasasti yupa ini telah menjadi bukti nyata dari adanya keberadaan kerjaaan Kutai ini di Indonesia. Sebanyak 7 prasasti Yupa ditemukan dan masih bisa diliat sampai saat ini.

Untuk kalian ketahui bahwa Yupa merupaka sebuah tiang agu yang sebelumnya dipakai untuk mengikat hewan kurban dalam persebmbahan kepada Dewa Hindu. Terdapat juga berbagai tulisan bahasa sansekerta di Prasati tersebutyang membuktikan adanya kerajaan kuno Kutai ini.

  • Pedang Sultan Kutai

Untuk peninggalan yang ini adalah sebuah pedang sultan kutai yang dibuat dari emas padat serta ukiran gagang pedang bergabar harimau yang siap menerkam mangsanya. Untuk peninggalan kerajaan Kutai ini sekarang di simpan di Museum Nasional Jakarta.

  • Kalung Ciwa

Adalah peninggalan yang menandakan masa pemerintahan sultan Aji Muhammad Sulaiman pada zaman dulu. epat di tahun 1890 kalung Ciwa ini berhasil ditemukan oleh warga setempat tepat berada di Danau Lipa, Muara Kaman. Untuk kalian ketahui bahwa kalung yang satu ini masih dipergunakan untuk hiasan kerajaan serta penobatan sultan yang terpilih.

  • Kura Kura Emas

Adlaah peninggalan kerajaan kutai kuno yang saat ini disimpan di Museum Mulawarman yang sebelumnya berhasil ditemukan pada daelrah long lalang dekat hulu sungai mahakam, Kalimantan. Benda Kura kura ini pun disebut sebut sebagai tanda adanya putri raja Kutai benama AJi Bidah Putih dipinang oleh seorang Pangeran kerajan China.

Benda kura kura ini memiliki ukuran setengah kepalan tangan orang dewasa dan diperkirakan dibuat dari emas 23 karat dalam bentuk kura kura. Untuk kalian ketahui bahwa kura kura ini kemudian menyerupai simbol dari Dewa Wisnu.